A. Pengertian Game
Secara bahasa, Game berasal dari bahasa Inggris yang
berarti permainan.Namun secara istilah,game memiliki banyak pengertian.Berikut
pengertian game menurut beberapa ahli :
-
Menurut Greg
Costikyan
Game adalah sebentuk karya
seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola
sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.
-
Menurut J. Von
Neumann dan O. Morgenstern
Theory of Games and
Economic Behavior (3d ed. 1953), game adalah Permainan yang terdiri atas
sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa
orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan
kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan.
Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain,
sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan
sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.
-
Menurut Roger
Callois
seorang sosiolog
Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les homes menyatakan game
memiliki enam sifat: “bebas” (bermain adalah pilihan, bukan kewajiban),
“terpisah” (waktu dan tempat telah ditetapkan terlebih dahulu), memiliki hasil
yang tidak pasti, “tidak produktif” (artinya tidak menghasilkan barang atau
kekayaan), dipayungi sebuah aturan, dan “pura-pura” (dibarengi dengan kesadaran
bahwa game bukan Kehidupan Nyata, tapi semacam realita yang terpisah tapi
dimiliki bersama).
B. Jenis-Jenis Game
-
Berdasarkan alat
yang digunakan
1.
Arcade games
yaitu yang sering
disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan
memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games
tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya
lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor
gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.
PC Games
yaitu video game yang
dimainkan menggunakan Personal Computers.
3.
Console games
yaitu video games yang
dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3,
XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4.
Handheld games
yaitu yang dimainkan di
console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan
Sony PSP.
5.
Mobile games
yaitu yang dapat
dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
-
Berdasarkan
genrenya
1.
Aksi – Shooting
Contoh : Counter Strike,
Call of Duty, Rock and Roll Racing, Double
Dragon, Time Crisis.
2.
Fighting
Contoh : Street
Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter.
3.
Petualangan
Contoh : Kings Quest,
Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max.
4.
Aksi–Petualangan
Contoh : Tomb Rider,
Grand Theft Auto, Indiana Jones, dan Prince of Persia.
5.
Simulasi
Contoh : SimCity, SimLife,
Second Life, Caesar, The Sims, dan Tamagotchi.
6.
Role Playing
Contoh : Final Fantasy,
Dragon Quest dan Xenogears.
7.
Strategi
Contoh : Front Mission,
Super robot wars, Age of Empires, Warcraft.
8.
Puzzle
Contoh : Tetris,
Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
9.
Olahraga
Contoh : Seri Winning
Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro
skater, dll.
10. Simulasi kendaraan
Contoh : Apache 64,
Comanche, Abrams, YF-23, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo,
Need For Speed, Wing Commander,
Freelancer, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.
C. Software Yang Dapat Digunakan
-
Gratis
1.
Blender
2.
Golden T Game
Engine (GTGE)
3.
DXFramework
4.
Ogre
5.
Panda3D
-
Berbayar
1.
Alamo
2.
A.L.I.V.E
3.
BigWorld
4.
DXStudio
5.
Dunia Engine
6.
Euphoria
7.
GameStudio
8.
Jade Engine
D. Tahap Pembuatan
Secara garis besar tahap pembuatan game adalah :
1.
Perancangan game
Perancangan game
sendiri terdiri dari :
·
Menentukan genre
game
Game seperti apakah
yang akan kita buat,apakah itu RPG,FPS,atau yang lainnya.
·
Tentukan Tool
yang ingin digunakan
Tool berarti
software.Software apakah yang akan kita gunakan untuk membuat game kita.
·
Tentukan
gameplay game
Gameplay adalah sistem
jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over,
story line, mision sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya
harus kita tentukan.
·
Tentukan grafis
yang ingin digunakan
Jenis grafis secara
sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau
realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game dan sesuai dengan
kemampuan kita, kemudian pilih software apa yang ingin digunakan dalam membuat
gambarnya.
·
Tentukan suara
yang ingin digunakan
Pilih suara yang akan
kita gunakan dalam game kita nantinya.
·
Membuat Jadwal
Pembuatan
Sama halnya seperti
sebuah proyek.Tentu kita ingin game yang akan dibuat dapat selesai tepat waktu.
2.
Pembuatan
Tahap ini adalah
kelanjutan dari perancangan suatu game.
·
Seniman visual
atau disebut juga artist (dalam hal ini bisa 2D atau 3D) memvisualisasikan
karakter-karakter, lingkungan, item khusus dan bermacam material/tekstur, atau
juga poster. mereka juga bertugas membuatkan animasinya (2D, 3D, bahkan animasi
tekstur).
Perangkat lunak yang
biasanya digunakan oleh seorang artist adalah : Blender, 3D Studio Max, Maya,
Milkshape, Cinema4D, dkk. untuk membuat model dan animasi 3D. Untuk 2D, mereka
biasanya memakai Photoshop, CorelDRAW, TextureMaker, dkk. dalam membuat
karakter 2D dan material/tekstur.
·
Pengisian suara
pada game adalah kebutuhan tersendiri dari suatu game. Suara pada game bisa
dalam bentuk SFX, dialog, atau musik. terdapat musik latar belakang (biasanya
disebut backsound music/BGM), musik khusus (seperti di Guitar Heroes atau
Ayodance), sound effects/SFX/efek suara, dan percakapan karakter di dalam game
(perlu casting/seleksi pemilihan). dan masih banyak jenis suara-suara yang
dapat diselingkan pada game.
Ø SFX adalah suara yang dapat anda dengar seperti
ketika anda mendengar suara-suara dari pedang, senjata/pistol, ledakan, kendaraan,
air, dsb. SFX adalah efek suara yang direkam dari dunia aslinya dan dimasukkan
ke dalam game. suara-suara dari benda-benda dalam game anda dengar sebetulnya
adalah suara benda asli yang direkam kemudian dimasukkan ke dalam game. SFX
juga dapat dihasilkan menggunakan perangkat lunak (semisal Audacity, LMMS,
Wavosaur, atau FruityLoops).
Ø BGM adalah musik yang mengiringi anda setiap kali
memainkan Super Mario Bros, Contra Force, RF Online, Ragnarok Online, Cabal
Online, atau lainnya. musik ini dimainkan sejak awal permainan sampai game
over. suatu game biasanya memiliki banyak BGM, sesuai suasana yang dialami
karakter atau yang dibawakan oleh game. dengan demikian maka akan menambah
kernyataan (realita) game anda.
·
Programing
adalah bagian tersendiri yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah tahap
lainnya. ketika seniman/artist visual membuat model karakter, programer
mempunyai tugas menulis source code untuk physicnya dan dapat juga ditambahkan
pada akhir proses, seperti membuatkan cheat. jika desainnya mengharuskan
memakai engine sendiri, maka programer harus membangun engine dari nol. bisa
engine secara keseluruhan engine untuk fisika (physic), engine untuk suara 3D,
engine untuk AI, dsb. ada banyak source code yang harus ditulis oleh programer
selain engine. Seperti mengode GUInya, event, sistem pencahayaan, mode
multiplayer, jaringan/sistem online, mempersatukan artwork dari semua bagian
lain (visual+audio+konsep+dll.), dan lain-lain. programer adalah bagian yang
sangat sulit.
3.
Penyelesaian
Sumber
:
http://myrahma.blogspot.com/2010/02/softskill-minggu-ke-3-pengantar.html
Ada contoh proses pembuatan game
BalasHapus