Selasa, 18 Maret 2014

Tahapan Pembuatan Game

A.    Pengertian Game
Secara bahasa, Game berasal dari bahasa Inggris yang berarti permainan.Namun secara istilah,game memiliki banyak pengertian.Berikut pengertian game menurut beberapa ahli :
-          Menurut Greg Costikyan
Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut Pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.
-          Menurut J. Von Neumann dan O. Morgenstern
Theory of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953), game adalah Permainan yang terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.
-          Menurut Roger Callois
seorang sosiolog Perancis, dalam bukunya yang berjudul Les jeux et les homes menyatakan game memiliki enam sifat: “bebas” (bermain adalah pilihan, bukan kewajiban), “terpisah” (waktu dan tempat telah ditetapkan terlebih dahulu), memiliki hasil yang tidak pasti, “tidak produktif” (artinya tidak menghasilkan barang atau kekayaan), dipayungi sebuah aturan, dan “pura-pura” (dibarengi dengan kesadaran bahwa game bukan Kehidupan Nyata, tapi semacam realita yang terpisah tapi dimiliki bersama).

B.     Jenis-Jenis Game
-          Berdasarkan alat yang digunakan
1.      Arcade games
yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.      PC Games
yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3.      Console games
yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4.      Handheld games
yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5.      Mobile games
yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.
-          Berdasarkan genrenya
1.      Aksi – Shooting
Contoh : Counter Strike, Call of Duty, Rock and Roll Racing, Double Dragon, Time Crisis.
2.      Fighting
Contoh : Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter.
3.      Petualangan
Contoh : Kings Quest, Space Quest, Heroes Quest, Monkey Island, Sam and Max.
4.      Aksi–Petualangan
Contoh : Tomb Rider, Grand Theft Auto, Indiana Jones, dan Prince of Persia.
5.      Simulasi
Contoh : SimCity, SimLife, Second Life, Caesar, The Sims, dan Tamagotchi.
6.      Role Playing
Contoh : Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears.
7.      Strategi
Contoh : Front Mission, Super robot wars, Age of Empires, Warcraft.
8.      Puzzle
Contoh : Tetris, Minesweeper, Bejeweled, Sokoban dan Bomberman.
9.      Olahraga
Contoh : Seri Winning Eleven, seri NBA, seri FIFA, John Madden NFL, Lakers vs Celtics, Tony hawk pro skater, dll.
10.  Simulasi kendaraan
Contoh : Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23, Test Drive, Sega Rally Championship, Daytona, Grand Turismo, Need For Speed, Wing Commander, Freelancer, Gundam Last war Chronicles, dan Armored Core.


C.     Software Yang Dapat Digunakan
-          Gratis
1.      Blender
2.      Golden T Game Engine (GTGE)
3.      DXFramework
4.      Ogre
5.      Panda3D
-          Berbayar
1.      Alamo
2.      A.L.I.V.E
3.      BigWorld
4.      DXStudio
5.      Dunia Engine
6.      Euphoria
7.      GameStudio
8.      Jade Engine

D.    Tahap Pembuatan
Secara garis besar tahap pembuatan game adalah :
1.      Perancangan game
Perancangan game sendiri terdiri dari :
·         Menentukan genre game
Game seperti apakah yang akan kita buat,apakah itu RPG,FPS,atau yang lainnya.
·         Tentukan Tool yang ingin digunakan
Tool berarti software.Software apakah yang akan kita gunakan untuk membuat game kita.
·         Tentukan gameplay game
Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, mision sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus kita tentukan.
·         Tentukan grafis yang ingin digunakan
Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game dan sesuai dengan kemampuan kita, kemudian pilih software apa yang ingin digunakan dalam membuat gambarnya.
·         Tentukan suara yang ingin digunakan
Pilih suara yang akan kita gunakan dalam game kita nantinya.
·         Membuat Jadwal Pembuatan
Sama halnya seperti sebuah proyek.Tentu kita ingin game yang akan dibuat dapat selesai tepat waktu.
2.      Pembuatan
Tahap ini adalah kelanjutan dari perancangan suatu game.
·         Seniman visual atau disebut juga artist (dalam hal ini bisa 2D atau 3D) memvisualisasikan karakter-karakter, lingkungan, item khusus dan bermacam material/tekstur, atau juga poster. mereka juga bertugas membuatkan animasinya (2D, 3D, bahkan animasi tekstur).
Perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh seorang artist adalah : Blender, 3D Studio Max, Maya, Milkshape, Cinema4D, dkk. untuk membuat model dan animasi 3D. Untuk 2D, mereka biasanya memakai Photoshop, CorelDRAW, TextureMaker, dkk. dalam membuat karakter 2D dan material/tekstur.

·         Pengisian suara pada game adalah kebutuhan tersendiri dari suatu game. Suara pada game bisa dalam bentuk SFX, dialog, atau musik. terdapat musik latar belakang (biasanya disebut backsound music/BGM), musik khusus (seperti di Guitar Heroes atau Ayodance), sound effects/SFX/efek suara, dan percakapan karakter di dalam game (perlu casting/seleksi pemilihan). dan masih banyak jenis suara-suara yang dapat diselingkan pada game.
Ø  SFX adalah suara yang dapat anda dengar seperti ketika anda mendengar suara-suara dari pedang, senjata/pistol, ledakan, kendaraan, air, dsb. SFX adalah efek suara yang direkam dari dunia aslinya dan dimasukkan ke dalam game. suara-suara dari benda-benda dalam game anda dengar sebetulnya adalah suara benda asli yang direkam kemudian dimasukkan ke dalam game. SFX juga dapat dihasilkan menggunakan perangkat lunak (semisal Audacity, LMMS, Wavosaur, atau FruityLoops).
Ø  BGM adalah musik yang mengiringi anda setiap kali memainkan Super Mario Bros, Contra Force, RF Online, Ragnarok Online, Cabal Online, atau lainnya. musik ini dimainkan sejak awal permainan sampai game over. suatu game biasanya memiliki banyak BGM, sesuai suasana yang dialami karakter atau yang dibawakan oleh game. dengan demikian maka akan menambah kernyataan (realita) game anda.
·         Programing adalah bagian tersendiri yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah tahap lainnya. ketika seniman/artist visual membuat model karakter, programer mempunyai tugas menulis source code untuk physicnya dan dapat juga ditambahkan pada akhir proses, seperti membuatkan cheat. jika desainnya mengharuskan memakai engine sendiri, maka programer harus membangun engine dari nol. bisa engine secara keseluruhan engine untuk fisika (physic), engine untuk suara 3D, engine untuk AI, dsb. ada banyak source code yang harus ditulis oleh programer selain engine. Seperti mengode GUInya, event, sistem pencahayaan, mode multiplayer, jaringan/sistem online, mempersatukan artwork dari semua bagian lain (visual+audio+konsep+dll.), dan lain-lain. programer adalah bagian yang sangat sulit.
3.      Penyelesaian


Sumber :
http://myrahma.blogspot.com/2010/02/softskill-minggu-ke-3-pengantar.html

1 komentar: